Selamat Membaca SBR

Untuk anda, para pembaca situs blog ini, semoga ada manfaat yang bisa anda dapatkan. Silakan tulis komentar anda dibawah. Saran dan kritik sangat kami tunggu.

Selasa, 14 September 2010

Dari Kami, Untuk Anda

Surabaya Book Review (SBR) merupakan wahana untuk mengajak anda ikut dalam keasyikan membaca dan menyelami dunia baca. Bukan sekadar membaca koran, majalah atau bacaan ringan, melainkan lebih dari itu, yakni membaca berbagai literatur yang bisa memperkaya khazanah pengetahuan diri sendiri, memahami lebih baik dan kemudian mentransformasikan kedalam kehidupan sehari-hari.  Dengan kerendahan hati, kami ingin mengajak anda, para penikmat dunia membaca buku, agar juga meluangkan waktu selain membaca buku, juga sebaiknya merefleksikan/mengomentari/mengkritisi isi sebuah buku yang sudah dibaca. Refleksi/komentar/kritik terhadap sebuah buku saat ini sering dipandang hanya sebagai kegiatan yang sulit dilakukan, bahkan banyak pula yang beranggapan bahwa kegiatan semacam itu hanya bertujuan mengisi waktu iseng sesudah tuntas membaca sebuah buku. Padahal, jika kita melakukan kegiatan itu, justru banyak sekali nilai tambah yang kita peroleh. Apabila kegiatan membaca itu acap disebut sebagai kegiatan pasif, maka kegiatan meresensi/mereview/merefleksi/mengomentari/mengkritisi sebuah buku jelas merupakan kegiatan aktif. Sebab, untuk meresensi dengan baik, maka seorang peresensi dituntut membaca tuntas buku yang hendak diresensi sekaligus memahami isinya dan melihat sisi menarik dari buku dan celah yang bisa ditutup dari paparan yang mungkin kurang elok dari penulis buku. Pada gilirannya, baik pembaca buku maupun penulis buku tentu memperoleh manfaat dari aktivitas review/resensi/komentar/kritik buku.
Terdapat berbagai macam jenis bacaan yang bisa dirujuk dalam upaya memperluas horizon pandangan hidup. Jangan takut pada buku bacaan hanya karena buku itu terlampau tebal atau terlalu berat isinya untuk dipahami. Cobalah untuk pelan-pelan mengikuti alur berpikir penulis buku yang biasanya dituangkan pada halaman-halaman awal, usahakan untuk tidak membuat jeda membaca terlalu lama. Sebab, jeda yang agak lama tentu akan mengganggu proses penyerapan alur paparan dari buku. Nah, di SBR, kami berupaya untuk bisa membincangkan apa dan bagaimana isi sebuah buku sehingga mampu memberi nilai tambah bagi perjalanan keseharian kita. Untuk ikut dalam aktivitas diskusi buku tentu tidaklah harus mereka yang berlatarbelakang khusus atau mereka yang berasal dari dunia akademis. Melainkan, diskusi buku atau bincang buku akan membawa manfaat besar jika siapapun tanpa memandang latarbelakang, mau dan berminat ikut dalam membincang sebuah buku yang telah dibacanya. Syukur-syukur, jika dari diskusi atau bincang buku itu, lalu kemudian ada yang menuliskannya ke media cetak atau menindaklanjutinya membincang di media elektronik...SBR hanya menjadi sarana untuk mendorong agar aktivitas membaca menjadi sebuah lifestyle, sebagaimana dulu para bapak bangsa Indonesia sudah melakukannya dengan baik. Terima-kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar